skip to Main Content
Qur'ani, Mandiri, Berprestasi !
πŸ‘˜ Origami Sebagai Media Belajar Yang Menyenangkan πŸ‘˜

πŸ‘˜ Origami Sebagai Media Belajar yang Menyenangkan πŸ‘˜

Apa yang terlintas di benak Bapak/ Ibu saat mendengar kata origami? Mungkin pesawat terbang, burung, perahu, ikan, atau yang lainnya?

Istilah origami berasal dari Bahasa Jepang, yaitu β€˜ori’ berarti lipat dan β€˜gami’ berarti kertas.
Jadi, origami bermakna melipat kertas.

Apa saja manfaat origami bagi perkembangan anak?

  1. Meningkatkan kemampuan berpikir.
    Hal ini telah ditunjukkan dalam meningkatkan keterampilan visualisasi dengan menggunakan tangan sebagai alat belajar. Keterampilan ini memungkinkan siswa untuk bisa paham mengenai dunia di sekitar.
  2. Belajar berkreativitas.
    Kini model origami sudah semakin berkembang. Siswa mahir melipat berbagai macam model dan berbagai gagasan baru akan muncul. Hal ini menandakan bahwa siswa berkreasi menghasilkan suatu karya.
  3. Mengikuti arahan.
    Dengan belajar origami, siswa akan mengikuti tahap demi tahap lipatan dengan saksama. Misalnya, membuat berbagai macam hewan, mengenal bentuk geometris sederhana, dan masih banyak lagi. Mereka berarti telah belajar untuk mengikuti petunjuk dan arahan.
  4. Menemukan solusi.
    Pada tiap origami ada beberapa tahapan di mana hal itu merupakan rangkaian persoalan lipatan yang sangat beragam. Saat siswa membuat origami dengan cara mengikuti alur, sebenarnya siswa sedang menghadapi suatu persoalan. Jika siswa berhasil mengikutinya, maka ia dapat menyelesaikan persoalan origaminya. Nah, di waktu seperti inilah, siswa belajar bagaimana mengikuti, membaca gambar, dan menyelesaikan persoalan. Tentu ini adalah latihan yang baik bagi siswa untuk belajar memecahkan masalah.
  5. Berpikir matematis dan perbandingan (proporsi).
    Jenis lipatan origami biasanya berdasarkan teori matematis, bukan asal lipat. Selain itu, salah satu hal yang menjadi faktor keindahan pada model origami adalah proporsi bentuknya. Setiap lipatan harus proposional. Dengan demikian, aktivitas origami dapat membimbing siswa untuk megenal konsep perbandingan bentuk dan juga berpikir matematis.

Selain memberikan dampak positif bagi siswa seperti yang tertulis diatas, seni melipat juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, kreativitas, serta mempertajam daya ingat.

Nah, berikut adalah karya siswa kelas 3 SDIT Baitul Qur’an dalam melipat kertas menjadi bentuk pakaian. Ini adalah bagian dari tugas siswa selama belajar di rumah.

Semangat terus ya mengasah kreativitas menjadi karya seni 😘

QUR’ANI~MANDIRI~BERPRESTASI

This Post Has 0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *